Sunday, August 15, 2021

Tips Tepat Membeli Sepatu Olahraga

Saat ini, sepatu mungkin menjadi salah satu kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. Bagaimana bisa? Karena banyak kegiatana yang mengharuskan menggunakan sepatu.

Bahan utama pembuatan sepatu juga bervariasi sesuai dengan kegunaan sepatu tersebut. Ada sepatu yang terbuat dari kulit, kain, karet, dan bahan lainnya. Dengan itu, untuk jenis aktivitas yang berbeda belum tentu bisa menggunakan jenis sepatu yang sama.

Misalnya saat ingin berolahraga, tentunya tidak boleh menggunakan sepatu loafer yang lebih cocok digunakan saat bekerja di kantor. Bagi Anda yang suka berolahraga, sepatu tentu memiliki peran yang sangat penting. Tak hanya agar terlihat keren, sepatu melindungi kaki dari cedera atau cedera saat berolahraga.

Selain itu, memakai sepatu tentunya akan membuat Anda semakin nyaman. Jenis sepatu yang digunakan untuk berolahraga pun ternyata berbeda-beda sesuai dengan jenis olahraga yang dilakukan.

Berikut kriteria sepatu yang cocok berdasarkan jenis olahraganya.

Nah, kini mari kita kembali membahas mengenai kriteria sepatu yang cocok berdasarkan jenis olahraganya, yaitu :

Tips Tepat Membeli Sepatu Olahraga

Jalan Santai

Meskipun tidak termasuk kategori olahraga berat, namun saat jalan santai pastikan Anda menggunakan sepatu yang nyaman dan dapat melindungi kaki Anda dari hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda menggunakan sepatu yang salah, maka Anda akan merasa tidak nyaman pada bagian jari-jari kaki dan tumit. Untuk itu, sangat cocok jika Anda menggunakan sepatu yang bagian depannya kaku namun berbahan ringan.


Sepatu Lari

Berbeda dengan jalan santai, berlari tentu lebih menguras tenaga. Selain itu, jika dibandingkan dengan jalan santai, benturan pada kaki saat sedang berlari tentunya lebih besar juga.

Untuk itu, Anda perlu memilih sepatu yang sesuai dengan aktivitas satu ini. Pastikan Anda menggunakan sepatu yang memiliki bantalan yang empuk dan juga fleksibel agar kaki Anda tetap nyaman saat melangkah.


Sepatu Basket

Jika Anda hendak membeli sepatu untuk bermain basket, terlebih dahulu Anda memastikan di lapangan yang seperti apa Anda akan menggunakannya.

Sepatu basket untuk lapangan yang berada di dalam ruangan atau indoor tentunya akan berbeda dengan sepatu untuk lapangan yang diluar ruangan atau outdoor. Jika salah pilih, maka jangan heran jika sepatu Anda cepat rusak. Selain itu ukuran, dan bantalan sepatu juga perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.


Sepatu Tenis

Untuk olahraga yang satu ini, Anda perlu memilih sepatu yang dapat mendukung gerakan Anda. Sepatu yang berbahan sedikit agak keras akan membantu untuk mengontrol keseimbangan saat Anda bermain.

Selain itu, memilih Sepatu Tenis juga perlu disesuaikan dengan bentuk dan ukuran kaki Anda. Ini karena saat bermain tenis Anda pastinya akan melakukan berbagai gerakan seperti berlari dan melompat, untuk itu pastikan kaki Anda tetap nyaman.


Sepatu Aerobik

Sepatu untuk olahraga aerobik tentunya juga memiliki perbedaan dengan jenis yang lainnya. Sepatu yang akan Anda gunakan untuk aerobik ini haruslah yang fleksibel dan kuat.

Selain itu, sepatu aerobik tidak perlu terlalu tinggi seperti yang biasa digunakan oleh pemain basket. Hindari juga menggunakan sepatu yang tidak dapat menyerap keringat sehingga membuat kaki Anda menjadi lembab.


Sepatu Futsal

Anda tentunya kenal dong dengan olahraga yang satu ini. Yaps! Futsal saat ini sudah menjadi olahraga yang sangat diminati, khususnya oleh kaum muda.

Sepatu menjadi bagian terpenting dalam olahraga ini, meskipun kadang kita melihat ada beberapa orang yang bermain tapa menggunakan sepatu kecuali dalam pertandingan yang resmi. Namun tentunya tidak menggunakan sepatu akan meningkatkan risiko cedera pada kaki. Dalam memilih sepatu futsal, Anda juga perlu memperhatikan bahan atau materialnya.

Menggunakan sepatu futsal berbahan dasar serat karbon dapat menjadi pilihan yang tepat, ini karena sepatu yang berbahan serat karbon cenderung lebih ringan serta kuat dan tidak cepat rusak.