Friday, August 6, 2021

Cara menggunakan blender dari awal hingga akhir

Cara menggunakan blender cukup mudah. Namun, sebagian orang masih bingung untuk menggunakannya. Biasanya ditemukan pada usia lanjut atau lanjut usia. Blender sendiri adalah alat yang sangat membantu untuk hampir semua hal.

Alat ini bisa digunakan untuk membuat minuman seperti jus, milkshake hingga smoothies. Bahkan, Blender Philips juga sering digunakan untuk membantu mengolah bahan masakan. Anda hanya perlu memasukkan apa pun yang ingin Anda proses ke dalam blender. Jadi bagaimana Anda menggunakan blender dari awal sampai akhir?

simak ulasan informasi berikut ini.

Cara menggunakan blender dari awal hingga akhir

Pastikan Kebersihan Blender

Pastikan blender yang akan anda gunakan dalam keadaan bersih. Anda juga harus memastikan blender tidak rusak, mulai dari bilah, tabung hingga mesin.

Sebelum digunakan, pastikan juga kabel terpasang dengan benar. Anda dapat memeriksa semua kondisi ini dengan mata telanjang. Jika melihat blender masih dalam kondisi baik, kemungkinan alat masak tersebut masih aman digunakan.


Masukkan Bahan yang Diinginkan

Cara menggunakan blender yang kedua adalah memasukkan bahan yang diinginkan. Namun perlu diingat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin memasukkan bahan-bahan makanan. Ada baiknya kalian memberikan sedikit cairan ke dalam blender. Misalnya seperti air ataupun minyak. Hal ini bertujuan agar mempermudah bahan-bahan makanan padat saat dihaluskan.

Masukkan air ke dalam blender juga bila kalian ikut memberikan es batu ke dalam blender. Air ini nantinya mampu membuat ea batu menjadi mengembang. Sehingga pisau blender bisa dengan mudah menghaluskannya. Bila tidak diberi air, memungkinkan es batu tersangkut di pisau blender. Bahkan mungkin hanya bisa membuat es batu bergerak ke sana ke mari, alih-alih dihaluskan.


Tutup Blender dengan Benar

Cara menggunakan blender yang ketiga yakni menutup blender dengan benar. Sebab, sebagian besar blender saat ini sudah dilengkapi dengan kunci pengamanan. Di mana kalian tidak bisa asal menutup blender. Pastikan juga menutup blender dengan benar agar mesin bisa bekerja menghaluskan bahan di dalamnya.

Di beberapa tutup blender juga memiliki lubang di tengahnya. Lubang ini bisa membantu kalian memasukkan bahan makanan loh. Terutama saat tengah proses memblender. Namun tetap, pastikan untuk memasukkan bahan makanan secara hati-hati. Karena bahan makanan yang di dalam blender bisa keluar menciprat meja dan area sekitar blender.


Nyalakan Mesin Blender

Kemudian cara menggunakan blender adalah dengan menyalakan mesin blender. Pada setiap blender, terdapat beberapa tombol dengan kegunaan masing-masing. Kalian bisa bereksperimen terlebih dahulu untuk mencari kegunaan masing-masing tombol. Jika sudah mengetahuinya, pilih kecepatan sesuai yang dibutuhkan.

Kalian sebenarnya tidak perlu khawatir salah menentukan pilihan kecepatan blender. Kalian bisa menggunakan kecepatan kecil terlebih dahulu. Bila dirasa kurang halus atau tidak efektif, bisa tambahkan kecepatan di atasnya. Begitu seterusnya hingga makanan atau minuman yang diinginkan berhasil dibuat.


Tuang Isi Blender

Cara menggunakan blender yang berikutnya yaitu membuka serta menuangkan isi blender. Kalian hanya perlu menuangkan isi blender ke dalam mangkuk atau gelas. Tentu saja saat bahan makanan telah selesai dihaluskan. Pastikan juga sebelum menuangkan, mesin blender telah berhenti secara sempurna. Sebab jika tidak mampu membuat blender menjadi rusak.

Pastikan juga kalian mengeluarkan semua isi blender. Jangan ada sisa makanan yang menempel terutama pada pisau blender. Apalagi bahan makanan yang ada di dalam blender memiliki tekstur kental.


Bersihkan Blender

Cara menggunakan blender yang terakhir adalah membersihkan blender. Ini merupakan salah satu hal terpenting saat menggunakan blender. Sebab, bahan makanan yang menempel lama di dalam blender bisa busuk dan menimbulkan bau tak sedap.

Kuman, virus serta bakteri juga bisa masuk dan jika digunakan kembali tanpa dibersihkan terlebih dahulu bisa mencemari bahan makanan yang akan dihaluskan.

Jika bisa, lepaskan pisau dari blendernya. Bersihkan pisau blender terpisah dengan tabungnya. cara membersihkannya cukup mudah. Kalian hanya perlu menggunakan sabun cuci piring serta air mengalir.

Pastikan jangan pernah membiarkan dudukan blender yang terdapat mesin di dalamnya terkena air. Bila basah, kalian hanya perlu membersihkannya dengan kain basah. Menyiram dudukan blender dengan air dalam jumlah banyak justru akan merusaknya.